Skip to main content

Makalah SIM (Sistem Informasi Manajemen) Twitter

BAB I
GAMBARAN UMUM SISTEM
A.  Pengertian Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet."
Pada tanggal 16 Oktober 2008, Evan Williams mengambil alih posisi CEO, sedangkan Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan "berfokus pada strategi produk."
Mr. Dorsey dan Mr. Costolo menjalin hubungan yang erat sepeninggal Williams." Menurut PC Magazine, Williams "tak lagi terlibat dalam kejadian sehari-hari di perusahaan". Ia berfokus untuk mengembangkan produk baru, namun tetap menjadi anggota dewan direksi Twitter, dan berjanji untuk "membantu dengan cara apapun yang ia bisa". Stone masih tetap bekerja di Twitter, namun ia juga bekerja sebagai penasihat di AOL.
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird". Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.Di Twitter, pengguna tak terdaftar hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Twitter adalah salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di dunia menurut analisis lalu lintas web Alexa. Perkiraan jumlah pengguna harian Twitter bervariasi karena perusahaan tidak memublikasikan statistik akun-akun yang aktif. Pada bulan Februari 2009, compete.com menempatkan Twitter sebagai situs jejaring sosial ketiga yang paling sering digunakan, pemeringkatan ini berdasarkan perhitungan mereka terhadap 6 juta pengunjung aktif per bulan dan 55 juta kunjungan per bulan. Pada Maret 2009, Nielsen.com menempatkan Twitter sebagai situs web dengan pertumbuhan tercepat menurut kategori jumlah anggota per Februari 2009. Twitter mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 1.382 persen, meningkat dari 475.000 kunjungan pada bulan Februari 2008 menjadi 7 juta kunjungan pada Februari 2009. Pada tahun 2009, Twitter memiliki tingkat pertumbuhan pengguna bulanan sebesar 40 persen.
5 besar pasar global Twitter menurut pertumbuhan pengguna (%)
Negara
Persen
Jun 2010
  
20.8%
Des 2010
  
19.0%
Jun 2010
  
20.5%
Des 2010
  
21.8%
Jun 2010
  
19.0%
Des 2010
  
21.1%
Jun 2010
  
17.7%
Des 2010
  
22.3%
Jun 2010
  
16.8%
Des 2010
  
20.0%
Catatan: Pengunjung berusia 15+ yang mengakses Twitter dari rumah dan tempat kerja. Tidak termasuk kunjungan dari komputer publik seperti warung Internet atau akses dari ponsel dan PDA.
Pada tahun 2009, Twitter umumnya digunakan oleh orang dewasa yang kemungkinan belum pernah menggunakan jejaring sosial lain sebelum Twitter; "Orang dewasa hanya mengikuti apa yang remaja lakukan selama bertahun-tahun", kata Owyang. Menurut comScore, hanya 11 persen pengguna Twitter yang berusia antara 12-17 tahun. Namun, "Twitter mulai merambah budaya populer setelah beberapa selebriti seperti Shaq, Britney Spears, dan Ashton Kutcher bergabung dengan Twitter."
Menurut hasil riset Sysomos pada bulan Juni 2009, pengguna Twitter perempuan sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna laki-laki, dengan perbandingan 53:47 persen. Riset tersebut juga menemukan bahwa 75 % dari keseluruhan aktivitas di Twitter dihasilkan oleh 5 persen pengguna aktif. Ditemukan juga bahwa New York City memiliki lebih banyak pengguna Twitter jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya
Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c1/Content_of_Tweets.svg/220px-Content_of_Tweets.svg.png
 







Konten kicauan pengguna Twitter menurut riset Pear Analytics:
·         Berita (3,6%)
·         Spam (3,8%)
·         Promosi diri (5,9%)
·         Celotehan tak berarti (40,1%)
·         Percakapan (37,6%)
·         Pesan berulang/retweet (8,7%)
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.
Pengguna dapat mengelompokkan kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan pagar (hashtag) – kata atau frasa yang diawali dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@", yang diikuti dengan nama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada pengguna lain. Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan "RT". Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan.
Melalui pesan singkat, pengguna dapat berkomunikasi via Twitter dengan menggunakan lima digit nomor gateway. Kapasitas kicauan yang ditetapkan dibatasi 140 karakter untuk alasan kompabilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan notasi singkat dan bahasa slang yang umum digunakan dalam SMS. Batas 140 karakter ini telah meningkatkan penggunaan layanan penyingkat URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, serta layanan penampung konten seperti Twitpic, memozu.com, dan NotePub, untuk mengakomodasi konten multimedia dan teks yang panjangnya lebih dari 140 karakter. Sejak Juni 2011, Twitter telah menggunakan domain sendiri, yakni t.co, untuk menyingkat otomatis semua URL yang diposting di situsnya.
Sistem Informasi Twitter ini akan memberikan ulasan yang lebih ringkas terkait dengan bagaimana proses aplikasi ini berjalan. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan pembaca akan dapat lebih mudah memahami tentang aplikasi twitter mulai dari cara mendapatkan aplikasi, mengoperasikannya, serta memanfaatkan sebagai media sosial yang menguntungkan bagi penggunanya sendiri. Sistem Informasi Twitter memuat bagaimana sebuah kicauan di proses menjadi sebuah trend dengan menyertakan hastag dalam tiap tweet dan kemudian di keluarkan dalam bentuk berurutan sesuai dengan banyaknya hastag yang telah di tweet oleh pengguna twitter.














BAB II
RUANG  LINGKUP SISTEM
       Secara umum Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu metode atau cara pengelolaan terhadap berbagai elemen yang saling berinteraksi dan terintegrasi antara elemen satu dengan elemen lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Setiap elemen pembentuk SIM memiliki tugas dan fungsi masing-masing dalam kesatuan untuk mencapai suatu tujuan.
       Sistem Informasi Manajemen dan pengelolaan Data Twitter adalah suatumetode pengolahan data dengan berbagai elemen pendukung berupa hardware, software dan prosedure. Sistem Informasi Pengolahan Data Twitter mengelola semua hal yang dibutuhkan dalam melaksanakan pengolahan data twitter.
1.      Hardware
Hardware adalah perangkat keras pendukung sistem informasi twitter. Adapun perangkat keras terebut yaitu berupa smartphone, Komputer/PC yang nantinya akan membantu untuk mengoperasikan aplikasi berupa twitter. Perangkat keras tersebut akan mengirim data ke server pusat twitter kemudian akan di olah dan akan di keluarkan dalam bentuk tweet, retweet, favorite, Direct Msangger, reply. Data tersebut dapat berupa informasi mengenai kejadian yang di dalamnya terdapat foto, vidio alamat web/link.


2.      Software
Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah.  Dalam sistem informasi twitter software yaitu berupa aplikasi twitter, yang nantinya akan membantu pengguna untuk mengoperasikan twitter. Untuk smartphone  dapat mendapatkan aplikasi twitter di app store dengan mendownload aplikasi tersebut kemudian sigin menggunakan akun pengguna tersendiri. Untuk komputer dapat mendapatkan aplikasi tersebut dengan mendownload pada halaman web tertentu. Selain dari aplikasi pendukung software lainnya yaitu jaringan koneksi internet. Koneksi sangat berpengaruh di masa ini terhadap aplikasi yang harus terhubung/tersambung dengan internet. Apabila jaringan provider yang di pakai lambat maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam membuat tweet, provider yang baik dancepat akan menentukan kecepatan pengiriman data untukdi proses dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk informasi.
3.      Prosedure
Merupakan rangkain tahapan dalam memulai mengoperasikan aplikasi twitter. Adapun tahapan dalam mengoperasikan  twitter adalah langkah yang pertama yaitu pengguna harus mempunyai akun yahoo,g mail yang akan di gunakan pada saat  login pada twitter. setelah masuk pada aplikasi twitter pengguna dapat melihathasil tweet orang lain,membalasnya, meretweet memfavoritkandan banyak lagi.
Di bawah ini adalah gambar tampilan pada layar awal sigin twitter
Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/32/Twitter_Mobile.PNG/220px-Twitter_Mobile.PNG
 


















BAB III
Karakteristik Dan Analisis Kebutuhan Sistem Informasi
A.  Komponen Sistem
Komponen sistem adalah semua hal, unsur atau elemen yang ada dan ikut serta membentuk suatu sistem. Komponen dapat berupa sumber daya manusia (SDM) sebagai subyekyang menjalankan sistem, alat-alat yang digunakan dalam menjalankan sistem dan prosedur-prosedur yang membuat sistem berjalan dengan baik. 
Komponen yang terdapat dalam twitter terdiridari beberapa subsistem, di antaranya yaitu :
a.    Description: D:\DESIGN\Screenshot_20151231_100206.pngBeranda







Gambar di atas merupakan tampilan beranda pada dasbor twitter, fitur ini berisi hasil kicauan yang telah di tweet pengguna lain yang masuk ke dalam beranda , kicauan tersebut dapat berisi tentang ajakan, seruan, informasi, berita, fakta, sebuah informasi kejadian yang di dalamnya biasanya disisipkan alamat web,foto, vidio dan hastag #. Pengguna dapat meretweet, membalas dan memfavoritkan twet pengguna lain dalam fitur ini.
b.    Description: D:\DESIGN\Screenshot_20151231_100157.pngAktivitas (Notifikasi)






Fitur ini berisi pemberitahuan mengenai balasan, retweet, favorit akan masuk pada  apabila pengguna laian menandai kita dalam sebuah kicauan. Di dalamnya pengguna dapat membalas (reply) tweet yang dikirim pengguna lain untuk kita.

c.    Trend
Description: D:\DESIGN\Screenshot_20151231_100059.png
 







Fitur ini berisi tentang kejadian yang sedang banyak di bicarakan orang melalui kicauan mereka dengan menambahkan tanda # pada setiap kicauannya seperti#PapaMintaSaham #PapaMenaangCurang. Tampilan dalam trendsudah di tentukan dengan peringkat, peringkat tersebut di pengaruhi oleh jumlah tweet yang telah masuk ke server utama twitter dan di keluarkan dalam bentuk peringkat.
d.   Description: Screenshot_20151231_100639.pngProfil








Gambar di atas merupakan tampilan menu profil pada twitter di dalamnya terdapat seluruh informasi tentang identitas pengguna, pesan masuk (direct masangger) jumlah followers,jumlah tweet, dan jumlah pengikut serta foto yang telah di upload oleh pengguna, hasil retweet dari pengguna lain, hasil favorite dari penguuna lain. Tampilan dalam ponseldan komputer berbeda jika di komputer pada menu profil terdapat DM (direct Msangger) maka pada tampilan ponselmenu tersebut tidakadamelainkan langsung terdapat menu tersendiri seperti beranda.
e.    Pengguna (twetty), ialah orang yang sedang mengoperasikan atau memakai aplikasi twitter ini, apabila ia terdaftar sebagai anggota maka dapat membuat kicauan, memosting foto dan lain-lain. Sedangkan apabila tidak terdaftar maka hanya bisa melihat dan membaca kicauan orang lain.
B.  Batas Sub Sistem
Batasan dari aplikasi twitter ini diantaranya yaitu :
a.         Di dalam twitter penguna tidak disa membuat tweet melebihi dari 140 karakter, hal ini merupakan peraturan yang telah di keluarkan oleh pihak twitter sebagai aturan yang baku dan tidak bisa di langgar. Apabila pengguna mencoba membuat tweet melebihi 140 karakter, maka akan terdapat peringatan otomatis dengan adanya tanda merah pada angka yang terdapat pada kolom bagian bawah tweet.
b.        Pada fasilitas pesan DM (direct masngger) pengguna tidak dapat mengirim pesan langsung ke beberapa orang langsung, melainkan harus satu persatu.

C.  Lingkungan Luar Sistem
Dalam mengoperasikan aplikasi twitter di butuhkan pendukung lain sehingga dapat menjadikan informasi yang telah tersedia menjadi lebih akurat, jelas dan terpercaya. Operasional twitter tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak di dukung dengan jaingan internet yang cepat dan stabil dengan adanya jaringan tersebut, maka akan memperlancar operasional twitter.
Lingkungan luar lain yang berperan mendukung twitter adalah berbagai media, media cetak atau blog resmi dari portal berita seperti olahraga, ekonomi, sosial, dan lain-lain. Salah satu yang sering muncul dalam setiap tweet pengguna yaitu adalah mencantumkan link, (Facebook, Instagram, detik.com, Youtube, Kompas.com,  Okezone.com, LAZADA, Blibi.com. dan link lain yang dapat dimasukkan ketwitter.)
D.  Penghubung Sistem
Penghubung dari twitter ini adalah berupa jaringan internet. Sambungan internet ini berfunsi sebagai salah satu alat penghubung dari server pusat twitter ke pengguna yang lain, yang memberikan informasi secara otomatis pada setiap menu di dasbor twitter seperti tweet baru, retweet, notifikasi, pesan masuk (DM) dan pada menu profil pengguna sendiri. apabila terjadi gangguan maka akan sangat berpengaruh pada operasional twitter.
E.  Masukan Sistem
Pada twitter terdapat  4 subsistem input :
a.         Jumlah pengguna (twetty) yaitu pengguna yang sedang mengoperasikan aplikasi twitter/ yang sedang melakukan aktivitas dengan twitter. pertumbuhan pengguna twitter setiap tahun selalu meningkat, berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Bielsen.com menempatkan twitter sebagai situs web dengan pertumbuhan tercepat menurut kategori jumlah anggota per februari 2009, dengan 6juta pengunjung aktifperbulan dan 55 juta kunjungan perbulan. Tingkat pertumbuhan twitter pada tahun 2009 meningkat sebesar 40%.
b.        Jumlah minimal # yang masuk yaitu syarat jumlah hastag # yang sama dan masuk dalam server utama twitter sehingga akan di olah dan menjadi trend.
c.         Jumlah yang berkicau, jumlah pengguna yang membuat kicauan dengan cara menambahkan tanda # dalam setiap kicauannya.
d.        Data pengguna twitter, dalam menjadikan sebuah topik menjadi trend dibutuhkan data dari pengguna atau jumlah yang telah membuat tweet yang nantinya akan di hasilkan sebuah trend.
F.   Keluaran Sistem
       Hasil akhir atau keluaran dari sistem ini yaitu berupa informasi yang sedang terjadi yang terdapat pada setiap kicauan pengguna twitter. Hasil akhir yang lain yaitu berupa trend, yang merupakan hasil dari sebuah sistem yang terkumpul, terorganisir sehingga menghasilkan output berupa sebuah informasi topik yang sedang banyak di kicaukan di media sosial berupa twitter dengan menyertakan tanda pagar # dan akan bisa di lihat dalam tampilan setiap menu di twitter yang terdapat pada bagian sebelah kiri tampilan dasbor twitter. Trend tersebut sudah dalam bentuk peringkat, peringkat tersebut di pengaruhi oleh jumlah twetty yang berkicau menggunakan pagar (#) yang mereka sukai dan kemudian menjadi sebuah trending topik. Peringkat tersebut sudah secara otomatis tersususun sesuai jumlah tweet yang masuk ke server utama twitter.



G.      Pengolah Sistem
Pengolah sistem informasi Twitter ini adalah :
1.    Komputer /PC
Komputer di gunakan sebagai pengolah data tweet yang masuk ke dalamnya dan akan di keluarkan dalam bentuk informasi seperti trend, retweet tweet, reply, dan favorite direct masangger.
Pengolahan data pada twitter sangat bergantung pada perangkat lunak sumber terbuka. Antarmuka web Twitter menggunakan kerangka kerja Ruby on Rails, dan peningkat kinerja Ruby Enterprise Edition milik Ruby. Pada awal pengoperasian Twitter, kicauan pengguna disimpan dalam basis data MySQL, yang dibagi menurut waktu pemostingan. Namun, penyimpanan pada MySQL ini menimbulkan masalah dalam membaca ataupun menulis di Twitter
Peralihan dari Ruby ke Scala dan JVM telah menyebabkan meningkatnya kinerja Twitter, dari yang sebelumnya 200-300 permintaan per detik per host menjadi 10.000-20.000 permintaan per detik per host. Peningkatan ini lebih tinggi 10x lipat dari perkiraan para teknisi Twitter sebelumnya. Perubahan lainnya dilakukan dengan peralihan dari pengembangan monolitik aplikasi tunggal menjadi arsitektur dengan layanan berbeda yang dibangun secara independen dan digabungkan melalui pemanggilan prosedur jarak jauh.

        Layanan antarmuka pemrograman aplikasi (API) memungkinkan layanan web dan aplikasi lainnya untuk berintegrasi dengan Twitter. Kicauan individu didaftarkan di bawah ID unik dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut Snowflake, dan data geolokasi ditambahkan dengan menggunakan 'Rockdove'. Penyingkat URL t.co kemudian akan memeriksa tautan spam dan menyingkat URL-nya. Kicauan disimpan dalam basis data MySQL menggunakan Gizzard dan disampaikan kepada pengguna bahwa kicauan telah terkirim. Kicauan lalu dikirim ke mesin pencari melalui API Firehose. Proses tersebut dikelola oleh FlockDB, dengan waktu rata-rata 350 ms. infrastruktur perusahaan twitter menangani hampir 143.000 kicauan per detik pada minggu itu, mencetak rekor baru. Krikorian menyatakan bahwa Twitter bisa mencapai rekor tersebut karena memadukan homegrown dan teknologi sumber terbuka.
H.    Sasaran Sistem
       Sasaran dari sistem informasi twitter adalah setiap orang yang ingin berbagi informasi dan mendapatkan informasi serta pengetahuan tentang kejadian peristiwa di tempat melalui twitter dimana informasi tersebut terdapat dalam  tweet atau kicauan, hastag # yang muncul dalam dasbor twitter. dengan sistem informasi ini pengguna dapat mngetahui bagaimana proses atau alur tweet terkirimdan kemudiandi kembalikan dalam bentuk tampilan di dasbor twitter.


BAB IV
Model Sistem Informasi
Sistem Informasi Twitter ini berupa sistem yang berbasis teknologi dan pengolahan datanya terkomputerisasi  sehingga sistem ini sangat tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang di gunakan oleh pengolah sistem informasi ini. Selain hardware dan software pendukung lainnya yaitu jaringan internet yang cepat dan stabil.
Selain terkomputerisasi juga berbasis smartphone karena dalam penggunannya dalapat menggunakan komputer dan smartphone. Dalam proses mendapatkan data pada sistem ini yaitu dengan cara menampung hasil tweet penggunayang telah berkicau, kemudian di olah dalam sistem dan di keluarkan dalam bentuk berupa sebuah informasi. Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengoperasikan twitter.
Dalam prakteknya data yang telah terproses dalam komputer akan di terima oleh pengguna twitter dalam bentuk informasi tweet, yang dapat dilihat oleh pengguna twitter

      





Bagan proses kinerja twitter
Description: D:\twitter.png
 





                                                           






BAB V
Analisis Sistem Informasi





BAB V
Analsis Sitem Informasi
A. Sebelum di Gunakan
a.    Analisa Kelayakan Ekonomi
Karena sistem informasi ini memberikan pengetahuan kepada pengguna dan dari hal itu maka penggunaan twitter akan meningkat dan itu akan menambah popularitas twiter,
Maka sistem informasi ini memenuhi kelayakan ekonomis.
b.    Analisa kelayakan Organisasi
Sistem informasi ini apabila di terapkan akan mempermudah dalam memahami tentang proses dan alur dan twitter. jika pengguna dipermudah dengan adanya sistem informasi ini makan sistem informasi ini sudah pasti akan di gunakan dan dengan itu maka sistem informasi ini memenuhi kelayakan organisasi.
c.    Pengguna Sistem Informasi
Pengguna dari Sistem Informasi Twitter ini adalah orang yang belum banyak mengetahui bagaimana penggunaan dan proses berjalannya aplikasi ini sehingga dapat mempermudah penggunaan aplikasi twitter untuk kedepannya.
d.   Keputusan yang dapat di ambil
Menetukan urutan dari trending topik, menghapus tweet yang tidak mendidik, mengolah data dengan baik dan benar.

B.  Saat di Terapkan
Pada saat penerapan Sistem Informasi Twitter dapat terlihat dengan berbagai hasil keluaran yang dapat di lihat dan di rasakan oleh pengguna twitter, seperti trending topik yang telah tersusun berurutan sesuai dengan jumlah hastag yang masuk atau jumlah hastag. Twitter telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek. Sebagai contohnya yaitu sebagai sarana protes masyarakat dengan membuat kicauan dengan menyertakan pagar sebagai tanda #, seperti yang terjadi belum lama ini di indonesia yaitu #SaveHajiLulung, #PapaMintaSaham, #PapaMenangCurang dan masih banyak lainnya. Selain itu juga sebagai media informasi, media promosi yang dapat dijadikan pengetahuan pagi pengguna twitter.
C.      Pengembangan system informasi
Untuk saat ini pengembangan Sistem Informasi Twitter ini belum banyak dilakukan, fitur yang kurang dalam twitter yaitu masih terbatasnya karakter dalam proses pembuatan tweet atau kicauan yang di batasi hanya 140 karakter saja. Untuk pengembangannya dilakukan pembaruan yang di dalamnya terdapat tidak adnya batasan dalam membuat tweet atau kicauan





Comments

Popular posts from this blog

Makalah Iman, Kufur, Nifaq dan Syirik

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Kehidupan masyarakat yang modern dengan arus globalisasi yang cenderung pada materialism-hedonistik sering mendewa-dewakan harta, kedudukan dan kemewahan tanpa menghiraukan norma-norma agama, dipengaruhi beberapa faktor, baik eksternal maupun internal dalam diri manusia itu sendiri, sehingga manusia sering kehilangan pedoman hidup. Islam sebagai agama mempunyai dua dimensi yaitu aqidah atau keyakinan dan sesuatu yang diamalkan atau amaliyah. Amal perbuatan tersebut merupakan perpanjangan dan implementasi dari aqidah itu. Islam adalah agama yang bersumber dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang berintikan keimanan dan perbuatan. Keimanan dalam islam merupakan dasar atau pondasi yang diatasnya berdiri syariat-syariat islam. Keimanan kita kepada Allah SWT harus terus menerus dipupuk agar semakin kokoh dan kuat, karena ketika keimanan kita terkikis akan menyeret kita kepada kufur. Kekufuran apabila tertanam dalam jiw

Contoh Laporan KKN Terbaru

BAB 1 PENDAHULUAN A.     Dasar Pemikiran Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)   merupakan sebuah program pengabdian masyarakat yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa di perguruan tinggi. KPM merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, dimana dalam kegiatan ini mahasiswa diterjunkan langsung   ke dalam masyarakat serta diharapkan dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di perguruan tinngi guna untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Mahasiswa sebagai director of change diharapkan mampu membawa perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih abik melalui proses penganalisaan masalah dalam struktur masyarakat hingga penentuan solusi terbaik dalam memecahkannya. Pengabdian masyarakat yang dilakukan harus diupayakan secara berkesinambungan dengan melakukan berbagai program pelatihan yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Program pelatihan yang dilakukan dapat berupa pengalaman ilmu pengetahuan , teknolog

Materi Manajemen Portofolio

BAB II PEMBAHASAN A.   Pengertian Manajemen Portofolio Menurut ahli keuangan J Fred Weston, portofolio dapat diartikan sebagai kombinasi atau gabungan berbagai aktiva. Aktiva itu dapat diartikan sebagai investasi surat berharga finansial seperti deposito, properti atau real aset, obligasi, saham, dan bentuk penyertaan lainnya. [1] Portofolio merupakan kumpulan dari instrumen investasi yang dibentuk untuk memenuhi suatu sasaran umum investasi. Sasaran dari suatu portofolio investasi tentunya sangat tergantung pada individu masing-masing investor. [2] Portofolio menggambarkan kepemilikan dari pada instrumen investasi yang disusun dengan perencanaan yang matang untuk pencapaian hasil yang optimal melalui penyebaran risiko. Portofolio mempunyai beberapa alternatif variasi dengan pertimbangan investor harus melihat risiko dan tingkat keuntungan yang bergerak positif didalam portofolio. Portofolio merupakan sekumpulan investasi yang menyangkut identifikasi saham-saham yang mana aka