BAB I
GAMBARAN UMUM SISTEM
A. Pengertian
Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial
dan mikroblog
daring
yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks
hingga 140 karakter,
yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada
bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring
sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi
salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet,
dan dijuluki dengan "pesan
singkat dari Internet."
Pada tanggal 16 Oktober 2008,
Evan Williams mengambil alih posisi CEO, sedangkan Dorsey menjadi
pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams mengumumkan bahwa ia
mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang
sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut blog Twitter pada tanggal 4
Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan dan "berfokus pada
strategi produk."
Mr. Dorsey dan Mr. Costolo menjalin
hubungan yang erat sepeninggal Williams." Menurut PC Magazine, Williams
"tak lagi terlibat dalam kejadian sehari-hari di perusahaan". Ia
berfokus untuk mengembangkan produk baru, namun tetap menjadi anggota dewan
direksi Twitter, dan berjanji untuk "membantu dengan cara apapun yang ia
bisa". Stone masih tetap bekerja di Twitter, namun ia juga bekerja sebagai
penasihat di AOL.
Secara internasional, Twitter
dikenal dengan logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird".
Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September
2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang
situsnya untuk pertama kali.Di Twitter, pengguna tak terdaftar
hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan
singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi
untuk perangkat seluler.
Pada 27 Februari 2012, seorang
karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai
evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut
dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA
dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga
yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru
yang dinamakan "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata
"twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan,
dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan.
Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi
dari Gunung Bluebird.
Twitter
mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh
dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna
terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan
penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa
populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta
kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar
permintaan
pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik
ke peringkat kedua sebagai situs jejaring
sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang
sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Twitter adalah salah satu dari
sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di dunia menurut analisis lalu lintas web Alexa. Perkiraan
jumlah pengguna harian Twitter bervariasi karena perusahaan tidak
memublikasikan statistik akun-akun yang aktif. Pada bulan Februari 2009, compete.com menempatkan Twitter sebagai situs
jejaring sosial ketiga yang paling sering digunakan, pemeringkatan ini
berdasarkan perhitungan mereka terhadap 6 juta pengunjung aktif per bulan dan
55 juta kunjungan per bulan. Pada Maret 2009, Nielsen.com menempatkan Twitter sebagai situs
web dengan pertumbuhan tercepat menurut kategori jumlah anggota per Februari
2009. Twitter mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 1.382 persen, meningkat
dari 475.000 kunjungan pada bulan Februari 2008 menjadi 7 juta kunjungan pada
Februari 2009. Pada tahun 2009, Twitter memiliki tingkat pertumbuhan pengguna
bulanan sebesar 40 persen.
5 besar
pasar global Twitter menurut pertumbuhan pengguna (%)
|
||||
Negara
|
Persen
|
|||
Jun 2010
|
20.8%
|
|||
Des 2010
|
19.0%
|
|||
Jun 2010
|
20.5%
|
|||
Des 2010
|
21.8%
|
|||
Jun 2010
|
19.0%
|
|||
Des 2010
|
21.1%
|
|||
Jun 2010
|
17.7%
|
|||
Des 2010
|
22.3%
|
|||
Jun 2010
|
16.8%
|
|||
Des 2010
|
20.0%
|
|||
Catatan: Pengunjung berusia 15+
yang mengakses Twitter dari rumah dan tempat kerja. Tidak termasuk kunjungan
dari komputer publik seperti warung Internet atau akses dari ponsel dan PDA.
|
Pada tahun 2009, Twitter umumnya
digunakan oleh orang dewasa yang kemungkinan belum pernah menggunakan jejaring sosial lain
sebelum Twitter; "Orang dewasa hanya mengikuti apa yang remaja lakukan
selama bertahun-tahun", kata Owyang. Menurut comScore, hanya 11 persen pengguna Twitter
yang berusia antara 12-17 tahun. Namun, "Twitter mulai merambah budaya
populer setelah beberapa selebriti seperti Shaq, Britney Spears, dan Ashton Kutcher bergabung
dengan Twitter."
Menurut hasil riset Sysomos pada bulan Juni 2009, pengguna
Twitter perempuan sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna
laki-laki, dengan perbandingan 53:47 persen. Riset tersebut juga menemukan
bahwa 75 % dari keseluruhan aktivitas di Twitter dihasilkan oleh 5 persen
pengguna aktif. Ditemukan juga bahwa New York City memiliki
lebih banyak pengguna Twitter jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya
Konten
kicauan pengguna Twitter menurut riset Pear Analytics:
·
Berita (3,6%)
·
Spam (3,8%)
·
Promosi diri (5,9%)
·
Celotehan tak berarti (40,1%)
·
Percakapan (37,6%)
·
Pesan berulang/retweet (8,7%)
Twitter dimiliki
dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San
Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New
York City, Boston,
dan San Antonio.
Pengguna dapat mengelompokkan
kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan pagar (hashtag) – kata atau
frasa yang diawali dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@",
yang diikuti dengan nama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada
pengguna lain. Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada
pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan
"RT". Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list),
yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar
pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan.
Melalui pesan singkat, pengguna
dapat berkomunikasi via Twitter dengan menggunakan lima digit nomor gateway.
Kapasitas
kicauan yang ditetapkan dibatasi 140 karakter untuk alasan kompabilitas dengan
pesan SMS, memperkenalkan notasi singkat dan bahasa slang yang umum digunakan dalam SMS.
Batas 140 karakter ini telah meningkatkan penggunaan layanan penyingkat URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, serta layanan
penampung konten seperti Twitpic,
memozu.com, dan NotePub, untuk mengakomodasi konten multimedia dan teks
yang panjangnya lebih dari 140 karakter. Sejak Juni 2011, Twitter telah
menggunakan domain sendiri, yakni t.co, untuk menyingkat otomatis semua URL
yang diposting di situsnya.
Sistem Informasi Twitter ini akan
memberikan ulasan yang lebih ringkas terkait dengan bagaimana proses aplikasi
ini berjalan. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan pembaca akan dapat
lebih mudah memahami tentang aplikasi twitter mulai dari cara mendapatkan
aplikasi, mengoperasikannya, serta memanfaatkan sebagai media sosial yang
menguntungkan bagi penggunanya sendiri. Sistem Informasi Twitter memuat
bagaimana sebuah kicauan di proses menjadi sebuah trend dengan menyertakan
hastag dalam tiap tweet dan kemudian di keluarkan dalam bentuk berurutan sesuai
dengan banyaknya hastag yang telah di tweet oleh pengguna twitter.
BAB
II
RUANG LINGKUP SISTEM
Secara umum Sistem Informasi Manajemen (SIM)
adalah suatu metode atau cara pengelolaan terhadap berbagai elemen yang saling
berinteraksi dan terintegrasi antara elemen satu dengan elemen lainnya untuk
mencapai suatu tujuan. Setiap elemen pembentuk SIM memiliki tugas dan fungsi
masing-masing dalam kesatuan untuk mencapai suatu tujuan.
Sistem Informasi Manajemen dan
pengelolaan Data Twitter adalah suatumetode pengolahan data dengan berbagai
elemen pendukung berupa hardware,
software dan prosedure. Sistem
Informasi Pengolahan Data Twitter mengelola semua hal yang dibutuhkan dalam
melaksanakan pengolahan data twitter.
1.
Hardware
Hardware adalah
perangkat keras pendukung sistem informasi twitter. Adapun perangkat keras
terebut yaitu berupa smartphone, Komputer/PC
yang nantinya akan membantu untuk mengoperasikan aplikasi berupa twitter.
Perangkat keras tersebut akan mengirim data ke server pusat twitter kemudian
akan di olah dan akan di keluarkan dalam bentuk tweet, retweet, favorite, Direct
Msangger, reply. Data tersebut dapat berupa informasi mengenai kejadian
yang di dalamnya terdapat foto, vidio alamat web/link.
2.
Software
Software adalah sekumpulan
data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau intruksi yang akan
menjalankan suatu perintah. Dalam sistem
informasi twitter software yaitu berupa aplikasi twitter, yang nantinya akan
membantu pengguna untuk mengoperasikan twitter. Untuk smartphone dapat mendapatkan
aplikasi twitter di app store dengan
mendownload aplikasi tersebut kemudian sigin
menggunakan akun pengguna tersendiri. Untuk komputer dapat mendapatkan
aplikasi tersebut dengan mendownload pada halaman web tertentu. Selain dari
aplikasi pendukung software lainnya yaitu jaringan koneksi internet. Koneksi
sangat berpengaruh di masa ini terhadap aplikasi yang harus
terhubung/tersambung dengan internet. Apabila jaringan provider yang di pakai
lambat maka pengguna akan mengalami kesulitan dalam membuat tweet, provider yang baik dancepat akan
menentukan kecepatan pengiriman data untukdi proses dan kemudian dikeluarkan
dalam bentuk informasi.
3.
Prosedure
Merupakan rangkain tahapan
dalam memulai mengoperasikan aplikasi twitter. Adapun tahapan dalam
mengoperasikan twitter adalah langkah
yang pertama yaitu pengguna harus mempunyai akun yahoo,g mail yang akan di
gunakan pada saat login pada twitter.
setelah masuk pada aplikasi twitter pengguna dapat melihathasil tweet orang
lain,membalasnya, meretweet memfavoritkandan banyak lagi.
Di bawah ini adalah
gambar tampilan pada layar awal sigin twitter
BAB
III
Karakteristik
Dan Analisis Kebutuhan Sistem Informasi
A. Komponen Sistem
Komponen
sistem adalah semua hal, unsur atau elemen yang ada dan ikut serta membentuk
suatu sistem. Komponen dapat berupa sumber daya manusia (SDM) sebagai
subyekyang menjalankan sistem, alat-alat yang digunakan dalam menjalankan
sistem dan prosedur-prosedur yang membuat sistem berjalan dengan baik.
Komponen
yang terdapat dalam twitter terdiridari beberapa subsistem, di antaranya yaitu
:
a. Beranda
Gambar di atas
merupakan tampilan beranda pada dasbor twitter, fitur ini berisi hasil kicauan
yang telah di tweet pengguna lain yang masuk ke dalam beranda , kicauan
tersebut dapat berisi tentang ajakan, seruan, informasi, berita, fakta, sebuah
informasi kejadian yang di dalamnya biasanya disisipkan alamat web,foto, vidio
dan hastag #. Pengguna dapat meretweet, membalas dan memfavoritkan twet
pengguna lain dalam fitur ini.
b. Aktivitas
(Notifikasi)
Fitur ini berisi pemberitahuan
mengenai balasan, retweet, favorit akan masuk pada apabila pengguna laian menandai kita dalam
sebuah kicauan. Di dalamnya pengguna dapat membalas (reply) tweet yang dikirim pengguna lain untuk kita.
c. Trend
Fitur ini berisi
tentang kejadian yang sedang banyak di bicarakan orang melalui kicauan mereka
dengan menambahkan tanda # pada setiap kicauannya seperti#PapaMintaSaham
#PapaMenaangCurang. Tampilan dalam trendsudah di tentukan dengan peringkat,
peringkat tersebut di pengaruhi oleh jumlah tweet yang telah masuk ke server
utama twitter dan di keluarkan dalam bentuk peringkat.
d. Profil
Gambar di atas merupakan
tampilan menu profil pada twitter di dalamnya terdapat seluruh informasi tentang
identitas pengguna, pesan masuk (direct
masangger) jumlah followers,jumlah tweet, dan jumlah pengikut serta foto
yang telah di upload oleh pengguna, hasil retweet dari pengguna lain, hasil
favorite dari penguuna lain. Tampilan dalam ponseldan komputer berbeda jika di
komputer pada menu profil terdapat DM (direct
Msangger) maka pada tampilan ponselmenu tersebut tidakadamelainkan langsung
terdapat menu tersendiri seperti beranda.
e. Pengguna
(twetty), ialah orang yang sedang
mengoperasikan atau memakai aplikasi twitter ini, apabila ia terdaftar sebagai
anggota maka dapat membuat kicauan, memosting foto dan lain-lain. Sedangkan
apabila tidak terdaftar maka hanya bisa melihat dan membaca kicauan orang lain.
B. Batas Sub Sistem
Batasan dari aplikasi
twitter ini diantaranya
yaitu :
a.
Di dalam twitter
penguna tidak disa membuat tweet melebihi dari 140 karakter, hal ini merupakan peraturan yang telah di keluarkan
oleh pihak twitter sebagai aturan yang baku dan tidak bisa di langgar. Apabila pengguna
mencoba membuat tweet melebihi 140 karakter, maka akan terdapat peringatan
otomatis dengan adanya tanda merah pada angka yang terdapat pada kolom bagian
bawah tweet.
b.
Pada fasilitas
pesan DM (direct masngger) pengguna
tidak dapat mengirim pesan langsung ke beberapa orang langsung, melainkan harus
satu persatu.
C. Lingkungan Luar
Sistem
Dalam
mengoperasikan aplikasi twitter di butuhkan pendukung lain sehingga dapat
menjadikan informasi yang telah tersedia menjadi lebih akurat, jelas dan
terpercaya. Operasional twitter tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak
di dukung dengan jaingan internet yang cepat dan stabil dengan adanya jaringan
tersebut, maka akan memperlancar operasional twitter.
Lingkungan luar lain
yang berperan mendukung twitter adalah berbagai media, media cetak atau blog
resmi dari portal berita seperti olahraga, ekonomi, sosial, dan lain-lain.
Salah satu yang sering muncul dalam setiap tweet pengguna yaitu adalah mencantumkan
link, (Facebook, Instagram, detik.com, Youtube, Kompas.com, Okezone.com, LAZADA, Blibi.com. dan link lain
yang dapat dimasukkan ketwitter.)
D. Penghubung
Sistem
Penghubung
dari twitter ini adalah berupa jaringan internet. Sambungan internet ini
berfunsi sebagai salah satu alat penghubung dari server pusat twitter ke
pengguna yang lain, yang memberikan informasi secara otomatis pada setiap menu
di dasbor twitter seperti tweet baru, retweet, notifikasi, pesan masuk (DM) dan
pada menu profil pengguna sendiri. apabila terjadi gangguan maka akan sangat
berpengaruh pada operasional twitter.
E. Masukan Sistem
Pada twitter terdapat 4 subsistem input :
a.
Jumlah pengguna (twetty)
yaitu pengguna yang sedang mengoperasikan aplikasi twitter/ yang sedang
melakukan aktivitas dengan twitter. pertumbuhan pengguna twitter setiap tahun
selalu meningkat, berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Bielsen.com
menempatkan twitter sebagai situs web dengan pertumbuhan tercepat menurut
kategori jumlah anggota per februari 2009, dengan 6juta pengunjung
aktifperbulan dan 55 juta kunjungan perbulan. Tingkat pertumbuhan twitter pada
tahun 2009 meningkat sebesar 40%.
b.
Jumlah minimal #
yang masuk yaitu syarat jumlah hastag # yang sama dan masuk dalam server utama
twitter sehingga akan di olah dan menjadi trend.
c.
Jumlah yang
berkicau, jumlah pengguna yang membuat kicauan dengan cara menambahkan tanda #
dalam setiap kicauannya.
d.
Data pengguna
twitter, dalam menjadikan sebuah topik menjadi trend dibutuhkan data dari
pengguna atau jumlah yang telah membuat tweet yang nantinya akan di hasilkan
sebuah trend.
F.
Keluaran
Sistem
Hasil akhir atau keluaran dari sistem
ini yaitu berupa informasi yang sedang terjadi yang terdapat pada setiap
kicauan pengguna twitter. Hasil akhir yang lain yaitu berupa trend, yang
merupakan hasil dari sebuah sistem yang terkumpul, terorganisir sehingga menghasilkan
output berupa sebuah informasi topik yang sedang banyak di kicaukan di media
sosial berupa twitter dengan menyertakan tanda pagar # dan akan bisa di lihat
dalam tampilan setiap menu di twitter yang terdapat pada bagian sebelah kiri
tampilan dasbor twitter. Trend tersebut sudah dalam bentuk peringkat, peringkat
tersebut di pengaruhi oleh jumlah twetty yang berkicau menggunakan pagar (#)
yang mereka sukai dan kemudian menjadi sebuah trending topik. Peringkat
tersebut sudah secara otomatis tersususun sesuai jumlah tweet yang masuk ke
server utama twitter.
G.
Pengolah
Sistem
Pengolah sistem informasi Twitter ini
adalah :
1. Komputer /PC
Komputer di gunakan sebagai pengolah
data tweet yang masuk ke dalamnya dan akan di keluarkan dalam bentuk informasi
seperti trend, retweet tweet, reply, dan favorite direct masangger.
Pengolahan
data pada twitter sangat bergantung pada perangkat lunak sumber terbuka. Antarmuka web Twitter menggunakan kerangka kerja Ruby on Rails, dan
peningkat kinerja Ruby Enterprise Edition milik Ruby. Pada awal pengoperasian Twitter, kicauan pengguna disimpan dalam basis data MySQL, yang dibagi menurut waktu
pemostingan. Namun, penyimpanan pada MySQL ini menimbulkan masalah dalam
membaca ataupun menulis di Twitter
Peralihan dari Ruby ke Scala dan JVM telah menyebabkan
meningkatnya kinerja Twitter, dari yang sebelumnya 200-300 permintaan per detik
per host menjadi
10.000-20.000 permintaan per detik per host. Peningkatan ini lebih tinggi 10x
lipat dari perkiraan para teknisi Twitter sebelumnya. Perubahan lainnya
dilakukan dengan peralihan dari pengembangan monolitik aplikasi tunggal menjadi arsitektur
dengan layanan berbeda yang dibangun secara independen dan digabungkan melalui pemanggilan prosedur jarak jauh.
Layanan antarmuka pemrograman aplikasi (API)
memungkinkan layanan web dan aplikasi lainnya
untuk berintegrasi dengan Twitter. Kicauan individu didaftarkan di bawah ID
unik dengan menggunakan perangkat lunak yang
disebut Snowflake, dan data
geolokasi ditambahkan dengan menggunakan 'Rockdove'. Penyingkat URL t.co
kemudian akan memeriksa tautan spam dan menyingkat URL-nya. Kicauan
disimpan dalam basis data MySQL menggunakan
Gizzard dan
disampaikan kepada pengguna bahwa kicauan telah terkirim. Kicauan lalu dikirim
ke mesin pencari melalui API Firehose. Proses
tersebut dikelola oleh FlockDB, dengan waktu rata-rata 350 ms. infrastruktur
perusahaan twitter menangani hampir 143.000 kicauan per detik pada minggu itu,
mencetak rekor baru. Krikorian menyatakan bahwa Twitter bisa mencapai rekor
tersebut karena memadukan homegrown dan teknologi sumber terbuka.
H.
Sasaran
Sistem
Sasaran dari sistem
informasi twitter adalah
setiap orang yang ingin berbagi informasi dan mendapatkan
informasi serta
pengetahuan tentang kejadian peristiwa di tempat melalui twitter
dimana informasi tersebut terdapat dalam tweet atau
kicauan,
hastag # yang muncul dalam dasbor twitter. dengan sistem informasi ini pengguna
dapat mngetahui bagaimana proses atau alur tweet terkirimdan kemudiandi
kembalikan dalam bentuk tampilan di dasbor twitter.
BAB
IV
Model
Sistem Informasi
Sistem
Informasi Twitter ini berupa sistem yang berbasis teknologi dan pengolahan
datanya terkomputerisasi sehingga sistem
ini sangat tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak yang di gunakan
oleh pengolah sistem informasi ini. Selain hardware dan software pendukung
lainnya yaitu jaringan internet yang cepat dan stabil.
Selain
terkomputerisasi juga berbasis smartphone karena dalam penggunannya dalapat
menggunakan komputer dan smartphone. Dalam
proses mendapatkan data pada sistem ini yaitu dengan cara menampung hasil tweet penggunayang telah berkicau,
kemudian di olah dalam sistem dan di keluarkan dalam bentuk berupa sebuah
informasi. Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah melihat dan
mengoperasikan twitter.
Dalam
prakteknya data yang telah terproses dalam komputer akan di terima oleh
pengguna twitter dalam bentuk informasi tweet, yang dapat dilihat oleh pengguna
twitter
Bagan proses kinerja twitter
BAB
V
Analisis
Sistem Informasi
BAB
V
Analsis
Sitem Informasi
A.
Sebelum di Gunakan
a. Analisa Kelayakan
Ekonomi
Karena sistem informasi
ini memberikan pengetahuan kepada pengguna dan dari hal itu maka penggunaan
twitter akan meningkat dan itu akan menambah popularitas twiter,
Maka sistem informasi
ini memenuhi kelayakan ekonomis.
b. Analisa
kelayakan Organisasi
Sistem informasi ini
apabila di terapkan akan mempermudah dalam memahami tentang proses dan alur dan
twitter. jika pengguna dipermudah dengan adanya sistem informasi ini makan
sistem informasi ini sudah pasti akan di gunakan dan dengan itu maka sistem
informasi ini memenuhi kelayakan organisasi.
c. Pengguna Sistem
Informasi
Pengguna dari Sistem Informasi
Twitter ini adalah orang yang belum banyak mengetahui bagaimana penggunaan dan
proses berjalannya aplikasi ini sehingga dapat mempermudah penggunaan aplikasi
twitter untuk kedepannya.
d. Keputusan yang
dapat di ambil
Menetukan urutan dari
trending topik, menghapus tweet yang tidak mendidik, mengolah data dengan baik dan
benar.
B. Saat di Terapkan
Pada
saat penerapan Sistem Informasi Twitter dapat terlihat dengan berbagai hasil
keluaran yang dapat di lihat dan di rasakan oleh pengguna twitter, seperti
trending topik yang telah tersusun berurutan sesuai dengan jumlah hastag yang
masuk atau jumlah hastag. Twitter telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan
dalam berbagai aspek. Sebagai contohnya yaitu sebagai sarana protes masyarakat
dengan membuat kicauan dengan menyertakan pagar sebagai tanda #, seperti yang
terjadi belum lama ini di indonesia yaitu #SaveHajiLulung, #PapaMintaSaham,
#PapaMenangCurang dan masih banyak lainnya. Selain itu juga sebagai media
informasi, media promosi yang dapat dijadikan pengetahuan pagi pengguna
twitter.
C.
Pengembangan
system informasi
Untuk
saat ini pengembangan Sistem Informasi Twitter ini belum banyak dilakukan,
fitur yang kurang dalam twitter yaitu masih terbatasnya karakter dalam proses pembuatan
tweet atau kicauan yang di batasi hanya 140 karakter saja. Untuk
pengembangannya dilakukan pembaruan yang di dalamnya terdapat tidak adnya
batasan dalam membuat tweet atau kicauan
Comments
Post a Comment