Skip to main content

Prolog Laporan KKN


Sepercik Harapan di Kegelapan



Kuliah Pengabdian Masyarakat atau biasa disingkat dengan KPM adalah salah satu program yang diambil oleh mahasiswa semester akhir sebelum skripsi.  Inilah sepenggal kisahku saat berada di sebuah desa yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, yang belum tau apa-apa disana yang masih awam tentang segala sesuatu disana, semoga cerita ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca dan penulis.
Sebuah pengalaman yang tak mungkin terulanfg untuk kedua kalinya dalam hidup inio dimana kita langsung besinggungan dengan masyarakat, langsung berinteraksi dengan masyarakat dan dipaksa untuk bisa dalam segala hal. Dari hal tersebuit saya merasa penasaran bagaimana rasanya KPM itu, perasaan penasaran tersebut terjawab sudah ketika saya melakukan survei lokasi KPM bersama teman-teman mahasiswa lainnya, saat itu saya tiba pada malam hari sehingga tidak begitu jelas bagaimana kondisi wilayah desa yang akan saya tinggali selama 40 hari kedepan, setelah beberapa kali bertanya kepada penduduk sekitar barulah kami sampai di rumah yang masih asing bagi saya, yaitu rumah adat lampung, yang bertingkat di atasnya, awal kedatangan kami disambut baik oleh bapak bayazid selaku peratin dan ibu fatwamati selaku istri beliau,  setelah melakukan perbincangan dan membicarakan maksud dan tujuan  kami datang, saya dan teman saya dwi menginap di rumah bapak bayazid, dengan kondisi badan yang sempoyongan karena tenaga sudah terkuras habis selama perjalan selama 7 jam, saat terbangun di pagi hari terdengar suara ombak yang semakin keras, dan kemudian saya dan dwi melnjutkan perjalanan pulang menuju kota metro.
Tibalah pada hari dimana kami melaksanakan tugas dari kampus pada tanggal 09 agustus 2018 kami dilepas dari pihak kampus dan kemudian pada tanggal 10 agustus kami diterima dengan baik oleh bupati Kab Pesisir Barat Bapak Agus Istiqlal ataupun yang mewakili, metelah melaksanalkan kegiatan yang panjang samapilah kami kerumah bapak bayazid, sambutan hangat warga sekitar pekonmon dan keluarga bapak yang baikmerupakan awal pertemuan yang menyenangkan bagi kami, disini kami di anggap sebagai anak sendiri oleh bapak bayazid. Baliau merupakan sosok pemimpin rumah tangga panutan saya, sikap, sifat kedisiplinan, ketekunan, keuletannya patut untuk dijadikan contoh bagi saya, beliau bisa menjadi ayah, bapak, peratin, guru yang memberikan masukan memberikan evaluasi memberikan pengarahan kepada anak-anaknya, seorang ayah yang melindungi anak-anaknya, seorang pemimpin yang mengayomi rakyatnya.
Hari berhanti hari, kami melaksanakan tugas KPM di pekon pekonmon dengan baik, melalui arahan dari beliau, saat yang paling membahagaiakan bagi saya yaitu pada saat kami dapat membantu masayrakat pekon pekonmon dalam menghadapi lomba dalam rangka HUT RI KE 73 yang akan dilaksanakan di Kantor Kecamatan Nagambur, melalui bimbingan yang kami berikan kepada masyarakat terkhusus kepada ibu-ibu rabana syifaul qolbi kami mendapatkan juara 3 dalam lomba mawalan yang diselelnggarakan pihak kecamatan, yang lebih membanggakan lagi Pekon Pekonmon menjadi juara umum lomba HUT RI KE 73 Kec Ngambur, berkat dukungan, bantuan dan suppot kami semua.
Dibenak saya ternyata seperti inilah rasanya mengabdi kepada masyarakat, kita harus peka, kita harus paham dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Hari-hari berlalu kami melaksanakan program-program yang telah kami susun dan kami rencanakan, Pekonmon memiliki potensi yang besar di sektor pertanian khususnya hasil bumi, semoga apa yang kamio berikan kepada masayrakat pekonmon meskipun hanya sedikait tapi memiliki nilai manfaat yang besar bagi perkembangan pekon pekonmon.
Minggu-minggu yang kami lewati terasa begitu cepat, beberapa minggu terakhir kami merasakan beratmbahnya ikatabn persahabatan kami terkhus untuk 10 orang anggota kelompok, yang tinggal bersama, seatap seperjuangan, sepenanggungan, susah senang kita lewati bersama, beribu kisah hadir selama 40 hari kita KPM, sifat, watak dari 10 orang sahabat telah diketahui masing-msing dari yang baik sampai yang buruk,.
Tak terasa hari perpisahan pun tiba, hari dimana kami tidak menginginkan itu, hari dimana akan ada kesedihan namun ada doa dan harapan dibaliknya, hari-hari sebelum kepulangan kami, ibu fatmawati terlihat selalu memikirkan kami, sampai beliau jatuh sakit, setiap bertemu di ruang bawah selalu berbicara “jika kamu orang pergi sepi rumah ini, ibu kehilangan 10 orang anak” mendengar hal tersebut selama hari hari terakhir kami rasanya hati ini ingin menangis, tapi masih kami bendung sampai hari perpisahan pun tiba.
Pagi itu acara dilaksanakan di balai pekon, seluruh pemangku dan aparatur pekon hadir dan peratin, saya mewakili anggota memnyampaikan terimakasih kepada seluruh msayrakat tanpa terkecuali karena telah menerima kami dngan baik, telah membimbing dan mengarahkan kami. Satu yang saya paling ingat dari pekonmon yaitu “aman” . rasa sedihpun tak terbendung lagi, kami berpamitan dengan aparatur pekon dan peratin kemudian diolanjutkan dengan pelepasan di kecamatan dan perpiahan denmgan bapak, ibuk kami, sedih rasanya meninggalkan pekonmon, tapi dari kesedihan itu tersimpan harapan besar dari bapak, ibu peratin agar kami semua menjadi orang sukses dunia maupun akhirat. Ingatlah selalu hari-hari yang telah kita lewati bersama selama 40 hari KPM.


Comments

Popular posts from this blog

Makalah Iman, Kufur, Nifaq dan Syirik

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Kehidupan masyarakat yang modern dengan arus globalisasi yang cenderung pada materialism-hedonistik sering mendewa-dewakan harta, kedudukan dan kemewahan tanpa menghiraukan norma-norma agama, dipengaruhi beberapa faktor, baik eksternal maupun internal dalam diri manusia itu sendiri, sehingga manusia sering kehilangan pedoman hidup. Islam sebagai agama mempunyai dua dimensi yaitu aqidah atau keyakinan dan sesuatu yang diamalkan atau amaliyah. Amal perbuatan tersebut merupakan perpanjangan dan implementasi dari aqidah itu. Islam adalah agama yang bersumber dari Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yang berintikan keimanan dan perbuatan. Keimanan dalam islam merupakan dasar atau pondasi yang diatasnya berdiri syariat-syariat islam. Keimanan kita kepada Allah SWT harus terus menerus dipupuk agar semakin kokoh dan kuat, karena ketika keimanan kita terkikis akan menyeret kita kepada kufur. Kekufuran apabila tertanam dalam jiw

Contoh Laporan KKN Terbaru

BAB 1 PENDAHULUAN A.     Dasar Pemikiran Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)   merupakan sebuah program pengabdian masyarakat yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa di perguruan tinggi. KPM merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, dimana dalam kegiatan ini mahasiswa diterjunkan langsung   ke dalam masyarakat serta diharapkan dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di perguruan tinngi guna untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Mahasiswa sebagai director of change diharapkan mampu membawa perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih abik melalui proses penganalisaan masalah dalam struktur masyarakat hingga penentuan solusi terbaik dalam memecahkannya. Pengabdian masyarakat yang dilakukan harus diupayakan secara berkesinambungan dengan melakukan berbagai program pelatihan yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat. Program pelatihan yang dilakukan dapat berupa pengalaman ilmu pengetahuan , teknolog

Materi Manajemen Portofolio

BAB II PEMBAHASAN A.   Pengertian Manajemen Portofolio Menurut ahli keuangan J Fred Weston, portofolio dapat diartikan sebagai kombinasi atau gabungan berbagai aktiva. Aktiva itu dapat diartikan sebagai investasi surat berharga finansial seperti deposito, properti atau real aset, obligasi, saham, dan bentuk penyertaan lainnya. [1] Portofolio merupakan kumpulan dari instrumen investasi yang dibentuk untuk memenuhi suatu sasaran umum investasi. Sasaran dari suatu portofolio investasi tentunya sangat tergantung pada individu masing-masing investor. [2] Portofolio menggambarkan kepemilikan dari pada instrumen investasi yang disusun dengan perencanaan yang matang untuk pencapaian hasil yang optimal melalui penyebaran risiko. Portofolio mempunyai beberapa alternatif variasi dengan pertimbangan investor harus melihat risiko dan tingkat keuntungan yang bergerak positif didalam portofolio. Portofolio merupakan sekumpulan investasi yang menyangkut identifikasi saham-saham yang mana aka